Ada Tari Sufi di Misa Natal Gereja ST Theresia Majenang Cilacap

Tari Sufi di Gereja Majenang Cilacap
Tari Sufi di Gereja Majenang Cilacap

CILACAP.INFO – Gereja Katolik St. Theresia Majenang menggelar misa malam Natal dan misa Natal 2020 dengan membatasi umat yang hadir untuk beribadah sebanyak 20 persen dari kapasitas gereja.

Perayaan Natal 2020 dengan dekorasi sederhana mengangkat nuansa kesederhanaan dan kenusantaraan. Hal tersebut sebagai bentuk implementasi dari identitas diri sebagai umat beriman dan sebagai warga NKRI memperteguh keberagaman.

“Sebagai umat Katolik, kami berupaya selalu membumikan keserderhanaan sekaligus memperteguh semangat kebangsaan karena itu perayaan Natal kali ini dengan aksen nuansa nusantara,” kata Pastor Kepala Paroki St.Theresia Majenang, Romo Bonifasius Abbas dalam pidato malam misa Natal 2020 di Majenang, Kamis (24/12).

Dia menjelaskan, Natal tahun ini mengangkat tema! *Dan Mereka Menamakan Dia Imanuel*. “Pilihan tema yang sarat dengan nilai-nilai identitas diri sebagai hamba yang beriman, yang sederha, yang membumikan nilai luhur cinta kasih di atas bumi nusantara, Indonesia yang bhineka dan beragam ini.” Terangnya.

Perayaan Natal tahun tahun ini dilakukan secara khusus akibat pandemi, maka membatasi umat yang hadir dalam ibadah tatap muka hanya sebanyak 121 orang atau 20 persen dari kapasitas gedung serbaguna Gereja St. Theresia Majenang.

Dekorasi dengan pohon natal setinggi 9 meter, dihiasi tatalampu klap-klip bintang, adanya tokoh sinterklas yang menyuguhkan tarian sufi dengan iringan lagulagu gerejawi, dan musik beraransemen nansa etnik memperkukuhkan suasana benar-benar menyentuh, dan malam misa pun benar-benar menjadi kudus.

“Perayaan Natal kami sederhana tapi mungkin tema yang kami angkat ini tidak sederhana, maka kami suguhkan tokoh sinterklas mampu menari sufi. Dan ini mungkin pertama di Indonesia bahkan dunia.” akunya.

Dalam kesempatan itu pula Romo Bonifasius Abbas menyampaikan terima kasih atas kehadiran Banser, komunitas Gusdurian Majenang, pemuda pancasila dan Lesbumi Majenang mengucapkan selamat natal.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait