Balai Diklat Basarnas bersama SAR Semarang gelar Pelatihan SAR

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Balai Diklat Basarnas bersama SAR Semarang gelar Pelatihan SAR untuk menangani kasus orang tenggelam khususnya di perairan Cilacap.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di hotel Fave Cilacap, dengan diikuti sebanyak 30 peserta. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman dengan didampingi oleh Kepala Kantor SAR Semarang, Aris Sofingi.

Pelatihan ini diselenggarakan selama 5 hari mulai dari tanggal 23 hingga 27 september 2019. Acara atau kegiatan difokuskan pada pelatihan penanganan kecelakaan di air atau water rescue.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Balai Diklat BNPP yang diwakili oleh Kasi Penyelenggaraan Diklat, DanLanal Cilacap, Dandim 0703 Cilacap. Serta Kapolres Cilacap, Kadisporapar Kab Cilacap, Kadis Perikanan Kab Cilacap, Kalak BPBD Kab Cilacap, Kepala Bapelitbangda, Direktur RSUD Kab Cilacap, dan Ketua Balawista.

Water rescue tersebut rencanya akan digelar di dua lokasi. Yakni untuk materi ruang bertempat di hotel Fave sedangkan untuk praktek dilakukan dikolam renang Sentul Park. Serta diakhiri dengan simulasi yang digelar di Teluk Penyu Cilacap.

Kepala Kantor SAR Semarang Jawa Tengah, Aris Sofingi mengatakan bahwa. Kemampuan tersebut sangat dibutuhkan, mengingat sering terjadinya orang tenggelam di sungai maupun di pantai di wilayah Cilacap.

“Maka diharapkan dengan adnya pelatihan ini, aga para peserta dapat belajar dan menyerap semua pengetahuan dan ketrampilan yang diberikan oleh instruktur serta dapat menciptakan komunitas SAR di wilayah Cilacap. Sehingga dapat membantu tugas-tugas yang diemban oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang khususnya Pos SAR Cilacap sebagai unit pelaksana teknis Basarnas.” Pungkas Aris.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait