Gelombang Tinggi 1,5 s/d 5,0 meter Intai Perairan Selatan Jawa

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun meteorologi Tunggul Wulung menginformasikan akan adanya gelombang tinggi 1,5 s/d 5,0 meter hingga 3 hari kedepan.

Potensi gelombang tinggi ini, diberlakukan mulai hari ini, Sabtu 13 Juni pukul 19.00 WIB – 16 Juni 2020 yang berakhir pukul 19.00 WIB.

Adapun untuk hari ini, Sabtu Pukul 19.00 WIB, hingga Minggu, 14 Juni 2020 pukul 19.00 WIB, potensi gelombang tinggi berada pada kisaran 1,5 – 3,5 meter.

Potensi Gelombang sangat tinggi 1,5 – 5,0 meter berdasarkan data statistik prakiraan gelombang tinggi, berpotensi terjadi pada Minggu 14 Juni pukul 17.00 WIB – 16 Juni pukul 17.00 WIB.

Potensi Gelombang tinggi berlaku disejumlah perairan di Jawa Tengah (Jateng), Jawa Barat (Jabar) dan DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta).

Adapun dari prakiraan, perairan yang terdampak gelombang tinggi di Jawa Barat yakni di Perairan Sukabumi – Cianjur, Garut, Pangandaran, Samudera Hindia Selatan Jawa Barat.

Di Jawa Tengah, Perairan Cilacap, Kebumen – Purworejo, Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah. Serta perairan DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta).

Kondisi ini, seperti dijelaskan Prakirawan Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung, Feriharti Nugrohowati. Bahwa pola angin di wilayah indonesia bagian utara umumnya dari Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan 5-25 knots.

“Sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Timur – Tenggara dengan kecepatan 5 – 25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudra Hindia Selatan Jawa, NTT hingga Laut Arafuru. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.” Terang Feriharti Nugrohowati di Cilacap, Sabtu (13/06/2020).

Adapun, masih terangnya menjelaskan, bahwa adapun resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran yakni, ia mengimbau untuk memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m). Kapal tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m).

Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m). Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 12 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.” Tegas Feriharti Nugrohowati.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait