Jamaah Aboge Idul Fitri Pada Senin

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Penetapan Keputusan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah dari Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia dinyatakan pada hari minggu, (24/5/2020) begitupun dari kedua Ormas Islam (NU dan Muhammadiyah).

Meski demikian, Jama’ah Aboge atau Alif Rebo Wage suatu Penganut Islam Kejawen akan merayakannya 1 hari setelah lebaran idul fitri kalender nasional.

Jama’ah Aboge ini adalah suatu perkumpulan masyarakat yang menganut aliran Islam yang masih kental dengan nilai-nilai ke adatan. Dan mereka juga tersebar di Banyumas dan Cilacap.

Mereka akan merayakan Idul Fitri pada tahun 2020 pada hari senin (25/5/2020). Diketahui, jama’ah aboge ini melaksanakan puasa dengan perhitungan yang sudah dijalankan dari generasi ke generasi (turun-temurun).

Sehingga dalam tradisi mereka, yakni dalam menetapkan awal puasa dari perhitungannya, selalu lebih 1 hari dari yang ditetapkan pemerintah.

Jamaah Aboge juga diketahui dalam melaksanakan ibadah puasa ramadhan 1441 H, yakni pada hari sabtu,(25/4/2020), yang lebih satu hari dari yang ditetapkan pemerintah.

Dilansir laman Liputan6.com, salah seorang penganut aliran aboge di Cilacap yang bernama Khuntang menyampaikan, bahwa masyarakat di daerahnya yakni kalikudi tak mempermasalahkan perbedaan penentuan puasa maupun idul fitri.

Masyarakat, dalam hal ini juga turut sama-sama menghargai, hidup berdampingan dengan semangat toleransi. Sehingga masyarakat hidup dengan rukun.

Lebih lanjut, Kunthang menjelaskan, tahun ini adalah tahun wawu, hal itu sesuai perhitungan dengan rumusan yang telah turun temurun.

Sedangkan rumusnya yaitu Ram Jiji dan hasil dari perhitungan tersebut, lebaran pada tahun ini jatuh pada Senin Manis.

“Tahun ini adalah tahun wawu, di tahun wawu, awal bulan sura jatuhnya dalam kalender jawa yakni Senin Kliwon. Sehingga dalam perumusan awal puasa jatuh pada hari Sabtu (25/4/2020). Adapun rumusnya adalah Sanemro (Puasa enem loro). Sehingga lebaran kali ini, jamaah Alif Rebo Wage akan jatuh pada Senin Manis, yakni tanggal 25 Mei 2020.” Terangnya.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait