Keluarga Besar Lanal Cilacap Gelar Peringatan Tahun Baru Islam

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah SWT. Keluarga besar Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap, Lantamal V, Koarmada ll menggelar Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H/2019 M.

Acara diselenggarakan di Masjid Al – Moeklas Sidik, Mako Lanal Cilacap, Rabu (4/9/2019). Dan kegiatan di awali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh PNS Nursiya Boven dengan sarilitawah PNS Fitriah (Anggota BK Lanal Cilacap). Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut (P) Adi Lumaksana, S. Sos.,

Danlanal dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa. Tahun Baru Islam adalah Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dalam mengemban tugas mulia.

“Tahun Baru Islam ini juga sebagai salah satu wahana untuk memahami makna kehidupan kita di masa sekarang dan selanjutnya.” Ucap Danlanal.

Lebih lanjut, Danlanal menyebut bahwa momentum tersebut yakni sesuai dengan tema peringatan tahun baru hijriyah pada tahun ini. Yaitu: “Jadikan hikmah tahun baru 1441 H / 2019 M sebagai momentum peningkatan iman, taqwa dan profesionalisme prajurit guna mendukung tugas pokok TNI.” Ungkap Danlanal Cilacap.

Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H/2019 M kemudian diisi dengan ceramah agama oleh KH. Muslihudin Anshori. Beliau dalam ceramahnya menyampaikan: “secara kuantitas umur kita terus bertambah dan di jaman Rohmatulloh kita harus memikirkan akherat dari pada dunia. Sementara kita lebih cenderung memikirkan dunia dari pada akheratnya,” Ucap Kiai.

Beliau menerangkan bahwa. Peringatan Tahun Badu Islam ini adalah untuk mengenang betapa pentingnya tanggal hijrah yang menjadi tonggak sejarah dan sebagai dasar dalam perkembangan agama islam.

“Sehingga, dengan peringatan Tahun Baru Islam ini, semoga dapat menjadi contoh dan sebagai media introspeksi bagi diri kita terkait yang sudah kita laksanakan selama ini. Baik dalam perkataan maupun perbuatan, apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang sudah ditentukan dalam agama kita atau dalam kehidupan prajurit, berbangsa dan bernegara.” Ucap Kiai seperti dilansir dari laman TNI MIL.

Komentar