Kisah Tasim, Peternak Ayam Mitra di Wanareja Bagikan Ayam Kecil

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Tasim Wahyudi, seorang peternak ayam pola kemitraan di kecamatan Wanareja bagikan ayam kepada warga sekitar. Bahkan ada yang dijual dengan harga murah. Hal itu ia lakukan lantaran pakan (pur) ayam dari poultry shop (PS) yang ia ikuti tak mengirimkan pakan.

PS ayam yang dia ikuti itu rupanya memberhentikan pengiriman pakan kepada para peternak yang telah menjalin Kerja sama. Hal itu disebabkan karena warung – warung dan sejumlah restaurant tutup karena sepi.

Diketahui, biasanya ayam jenis pedaging baik Broiler maupun Jantan kala masa panen, ayam itu diambil di kandang para peternak dengan dijual ke pusat kota seperti ibukota jakarta.

Namun juga ada yang dijual ke bandar-bandar guna dipasok dan dijual kembali ke rumah – rumah makan maupun restaurant.

Mengingat restaurant serta rumah makan sepi, pada akhirnya penjualan ayam skala besar yang dalam hal ini berat total sampai dengan hitungan ton pun sulit.

Dampaknya PS yang merupakan perusahaan ayam pun berhenti dalam operasional kebutuhan untuk ayam – ayam yang telah ditaruh di kandang para peternak.

Imbasnya peternak ayam pun kebingungan atas pemberhentian operasional pakan ayam itu, seperti salah satunya yakni Tasim Wahyudi di Wanareja.

Tasim menerangkan, seperti yang dilansir dari laman Gatra.com. Berdasarkan keterangan dari PS yang ia ikuti yang disampaikan oleh TS (Technical Service) atau PL (Penyuluh Lapangan). Pemberhentian pengiriman pakan itu disebabkan oleh beberapa hal, yang di antaranya sulitnya menjual ayam karena restaurant dan rumah makan juga sepi karena Covid-19.

Pemerintah telah menetapkan aturan kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah seperti menghindari tempat keramaian atau kerumunan. Hal ini mengingat virus SARS-CoV-2 dapat menular dari manusia ke manusia lainnya dengan cepat. Dan guna mengantisipasi hal itu, maka masyarakat diminta untuk menjaga jarak (Sosial Distancing).

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait