Perhitungan Malam Lailatul Qadar Dalam Manaqib Syaikh Abu al Hasan asy Syadzili

Masjid Malaka
Masjid Malaka (Pixabay)

CILACAP.INFO – Alhamdulillah kita masih dipertemukan dengan bulan yang penuh berkah dan kemuliaan, sehingga kita dapat menjalankan ibadah puasa ramadhan pada tahun ini.

Tidak terasa, bahwa puasa ramadhan akan memasuki hari ke 15 pada Selasa (27/04/2021).

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan Ampunan untuk kita semua dengan berlomba-lomba mengisi kegiatan yang bermanfaat, seperti tadarusan, salat tarawih, salat malam dan berbagai kegiatan yang baik lainnya.

Keistimewaan bulan ramadhan juga ditunggu-tunggu oleh umat muslim, salah satunya yakni Malam Lailatul Qadar.

Malam laitul Qadar adalah malam penetapan yang lebih baik dari seribu bulan.

Menurut al-hadits, sebagaimana diterangkan kembali oleh para ulama bahwasanya malam lailatul qadar jatuh pada 10 malam terakhir ramadhan.

Dimana disebutkan bahwa datangnya yakni pada malam ganjil.

“Carilah Lailatul Qadar itu pada malam-malam ganjil dari sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan).” Hadits Riwayat Imam al-Bukhari dari Aisyah radliyallahu ‘anha.

Malam ini adalah malam yang sangat istimewa, sehingga apabila hamba Allah dapat menggapai malam ini, maka do’anya akan dikabulkan, dan tidak sedikit kaum muslimin mengejar kebaikan di malam-malam lailatul qadar.

Tanda-tanda datangnya lailatul qadar sebagai dilansir laman NU Online, Dalam Mu’jam at- Thabari al-Kabir disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Malam Lailatul Qadar itu langit bersih, udara tidak dingin atau panas, langit tidak berawan, tidak ada hujan, bintang tidak nampak dan pada siang harinya matahari bersinar tidak begitu panas.”

Sebagaimana dalam manaqib Syekh Abu al Hasan asy Syadzili, Ulama Maghribi yang juga Shultonul Auliya menjelaskan tentang datangnya malam lailatul qadar.

Abu al Hasan asy Syadzili mengatakan. Yakni apabila awal puasa ramadhan jatuh pada hari ahad maka lailatul qadarnya jatuh pada malam 29. Awal puasa pada hari senin, lailatul qadarnya malam 21.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait