TMMD Regional 106 Cilibang Jeruklegi Diwarnai Ritual dan Sesaji

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO -Budaya dan tradisi serta adat istiadat leluhur masih dipertahankan oleh warga masyarakat desa di Pulau Jawa. Apalagi saat akan menggelar sebuah acara penting. Biasanya masyarakat pemangku adat tampil untuk menampilkan adat istiadat yang mereka yakini sebagai peninggalan budaya bangsa Indonesia.

Tak terkecuali bagi Warga Desa Cilibang Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap ini.

Dalam mempersiapkan acara TMMD 106 Kodim Cilacap 2019 yang akan berlangsung selama sebulan penuh, mereka menyiapkan tradisi budaya mereka.

“Warga menilai TMMD di desa kami ini adalah hajatan yang panjang. Jadi kami memberikan ruang bagi seluruh pemangku adat untuk ikut mendukung. Agar acara TMMD ini berjalan lancar dan semuanya diberikan keselamatan.” ungkap Lurah Desa Cilibang, Purnomo Edhy.

Tak pelak, saat dilaksanakan Acara Pembukaan TMMD 106 Kodim Cilacap 2019, nuansa adat, budaya serta tradisi juga tersaji di tengah Lapangan Desa Cilibang.

Beberapa ube rampe seperti pisang raja, makanan tradisional gelas berisikan air serta bunga mawar, berada di atas meja.

Namun hal itu tak membuat warga menjadi risih. Sebab di desa itu masih melakukan upaya nguri-uri kebudayaan. Pasalnya masih kental dan dilakukan hampir setiap sendi kehidupan mereka.

Ahasil, sesaji itu justru menjadi keunikkan tersendiri pada penyelenggaraan TMMD 106 Kodim Cilacap 2019 tersebut. (*)

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait