Akibat Badai Dorian (Hurricane Dorian), 30 Orang Tewas di Bahama

cilacap info featured
cilacap info featured

Naesau (Bahama), CILACAP.INFO – 30 orang dinyatakan tewas akibat Badai Dorian (Hurricane Dorian) di negara yang terdiri dari ±700 pulau di kawasan Karibia.

Florida, Amerika Serikat terletak di sebelah barat, dan Kuba di sebelah selatan Bahama.

Dilansir dari Wikipedia, Badai Dorian adalah siklon tropis atlantik yang saat ini sedang terjadi di Bahama dan berpotensi sampai ke Amerika Serikat Tenggara.

Badai Dorian terbentuk dari gelombang tropis pada 24 Agustus di Atlantik Tengah. Sistem siklon ini secara bertahap meningkat ketika bergerak menuju Antillen Kecil, sebelum menjadi badai pada 28 Agustus.

Intensifikasi cepat terjadi, dan pada tanggal 31 Agustus, Dorian diintensifkan menjadi badai besar Kategori 4.

Pada hari berikutnya, Dorian mencapai Kategori 5, selama 185 menit dengan intensitas angin sebesar 295 km/jam, dan tekanan sentral minimum mencapai 910 milibar (26,87 inHg) saat mendarat di Elbow Cay, Bahama, pukul 16:40 UTC.

Dorian mendarat lagi di Pulau Grand Bahama beberapa jam kemudian, dengan intensitas angin yang sama.

Korban tewas resmi mencapai 30, tetapi diperkirakan akan meningkat lebih lanjut.

Para pejabat mengirim mayat dan 200 kantong mayat ke Kepulauan Abaco, bagian paling parah di kepulauan itu.

Dorian – yang menghancurkan Bahama utara dari hari Minggu sampai Selasa – sekarang telah mendarat di negara bagian Carolina Utara di AS, tetapi melemah.

Diterangkan dari Sumber BBC.com Adapun Para pejabat mengatakan ratusan, mungkin ribuan, masih hilang di Abacos dan Grand Bahama.

Pada hari Kamis, Menteri Kesehatan Duane Sands memperingatkan tentang penghitungan akhir yang “mengejutkan”.

“Masyarakat perlu mempersiapkan informasi yang tak terbayangkan tentang korban tewas dan penderitaan manusia,” katanya kepada radio setempat.

Dr Ian Norton, yang mengelola tim medis darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), juga mengatakan kepada wartawan bahwa dia juga “benar-benar khawatir” tentang kemungkinan jumlah korban jiwa.

Dorian menghantam Bahama sebagai badai kategori lima dengan angin mencapai 185 mph (297km / jam).

Ini cocok dengan yang tertinggi yang pernah tercatat di pendaratan, dan tinggal di daerah yang terkena dampak selama dua hari.

Apa saja kerusakan di Bahama?

Palang Merah Internasional khawatir 45% rumah di Grand Bahama dan Abaco – sekitar 13.000 properti – rusak parah atau hancur.

Sebagian dari Bahama menerima hujan setinggi 35 cm (89 cm), membuat sebagian besar wilayahnya banjir.

Pulau Great Abaco sebenarnya tidak bisa dihuni, dengan tubuh menumpuk, tidak ada air, listrik atau makanan, dan milisi dibentuk untuk mencegah penjarahan, lapor media setempat.

Gambar udara di atas Abacos menunjukkan kehancuran bermil-mil, dengan atap robek, puing-puing yang berserakan, mobil terbalik, kontainer dan kapal pengiriman, dan permukaan air yang tinggi.

Satu-satunya bandara internasional di Grand Bahama juga hancur. Akibatnya, itu tidak dapat digunakan untuk evakuasi atau pengiriman bantuan.

WHO mengatakan banjir telah membuat rumah sakit utama Grand Bahama tidak dapat digunakan, dan rumah sakit lapangan harus didirikan di tempatnya.

Beberapa pasien telah diterbangkan dari Marsh Harbour Medical Center di Abacos, menurut kantor berita Associated Press, tetapi situs tersebut masih dijalankan sebagai tempat berlindung.

‘Semuanya hilang’ Matt Morrison, Berita BBC, Bahama

Setiap orang yang mengalami badai di sini di Abaco memiliki cerita sendiri. Apakah itu salah satu yang bertahan hidup secara dramatis, atau kehilangan orang yang dicintai, setiap kehidupan telah terpengaruh.

“Rasanya seperti di tornado selama berjam-jam,” kata seorang penduduk Marsh Harbour kepada saya. ‘Semuanya hilang’.

Mengemudi di jalan-jalan orang melihat kehancuran di segala arah. Rumah dan bisnis hampir semuanya telah diratakan.

Mereka yang berdiri tegak telah memecahkan jendela dan ambruk di dinding. Ada keheningan yang menakutkan, ketika beberapa warga di sekitar mengamati kerusakan.

Sekitar 5,5 mil dari pantai, Auxiliary Armada Kerajaan Inggris telah menempatkan kapal bantuan, Mounts Bay.

Kapal 179 meter telah berada di daerah itu saat badai mendekat, dan pemandangan di atas kapal adalah salah satu yang mendesak dan fokus.

Bantuan sedang dimuat ke platform mengambang untuk melakukan perjalanan dua jam ke pantai.

Para kru berada di hari ketiga, dan akan melanjutkan di sini sampai mereka pindah ke daerah bencana berikutnya.

Apa yang terbaru tentang upaya bantuan?
Pemerintah Bahama telah menandatangani deklarasi darurat yang memberikan pembebasan pajak untuk obat-obatan, persediaan bangunan, dan barang-barang lainnya yang dapat digunakan untuk upaya bantuan.

Operasi bantuan internasional terutama difokuskan pada Grand Bahama dan Abacos, yang terpukul paling parah.

Tim pencarian dan penyelamatan telah menyisir komunitas yang paling terpukul untuk mencari jejak orang yang selamat dan mayat. Sampai Jumat, Penjaga Pantai AS mengatakan telah menyelamatkan 205 warga.

Sementara itu, upaya untuk memberikan bantuan sedang ditingkatkan. Pesawat dan helikopter telah terbang dalam persediaan darurat untuk membantu sekitar 76.000 orang yang membutuhkan makanan dan tempat tinggal.

Delapan ton (8.000 kg) makanan siap saji, unit penyimpanan, generator dan pemasok darurat lainnya akan diterbangkan dari Panama, kata Program Pangan Dunia PBB.

Anggaran $ 5,4 juta (£ 4,3 juta) telah dialokasikan untuk badan PBB untuk operasi darurat tiga bulan di Bahama.

Namun, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah mengatakan kerusakan pada jalan dan infrastruktur lainnya menghambat upaya bantuan.

Di mana Dorian sekarang? Sekarang diturunkan ke badai kategori 1, Dorian telah membuat pendaratan di AS.

Pusat Badai Nasional AS (NHC) mengatakan bahwa pada pukul 09:00 waktu setempat (13:00 GMT) Dorian menghantam Cape Hatteras, North Carolina dengan kecepatan 90 mph (145km / h).

Badai telah menyebabkan banjir parah dan kegagalan daya yang meluas di Georgia, Carolina Selatan dan Carolina Utara.

Di Carolina, lebih dari 900.000 orang diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka, tetapi tidak jelas berapa banyak yang mematuhi.

Peramal cuaca mengatakan 10 inci (25 cm) hujan telah jatuh di antara pantai Charleston, Carolina Selatan dan Wilmington, Carolina Utara yang berjarak 170 mil.

Dorian diperkirakan akan mendorong utara dan ke luar ke Atlantik, tetapi akan mendarat lagi pada Sabtu di provinsi Kanada Nova Scotia.

Gelombang badai yang mengancam jiwa dan angin berbahaya masih diperkirakan terjadi di Virginia dan negara-negara bagian timur laut lainnya.

Tiga kematian terkait badai telah dilaporkan di Florida dan satu lagi di North Carolina.

Keempatnya meninggal saat mempersiapkan rumah dan tempat berlindung mereka menghadapi badai.

Apakah perubahan iklim membuat angin topan lebih buruk? Menurut NHC, “musim badai” berjalan di Samudra Atlantik antara 1 Juni dan 30 November.

Istilah ini menunjukkan periode ketika sebagian besar topan tropis tahun ini terjadi di Atlantik, meskipun biasanya memuncak pada akhir musim panas.

Para ilmuwan tidak dapat mengatakan apakah perubahan iklim meningkatkan jumlah badai, tetapi yang terjadi cenderung lebih kuat dan lebih merusak karena iklim pemanasan kita, kata Tomasz Schafernaker dari BBC Weather.

Inilah alasannya:

Peningkatan suhu permukaan laut memperkuat kecepatan angin di dalam badai dan juga meningkatkan jumlah presipitasi yang akan ditimbulkan badai
Permukaan laut diperkirakan akan meningkat satu hingga empat kaki selama abad berikutnya, membawa potensi kerusakan yang jauh lebih buruk dari gelombang laut dan banjir pantai selama badai.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait