Breaking News Trend

Ikan Tuna Ekspor dari Cilacap Harganya Menurun 2 Banding 1

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Harga ikan Tuna di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC) turun drastis menyusul pandemi Covid-19 yang terjadi di dunia. Pasalnya, Tuna adalah salah satu komoditas ekspor yang paling terdampak karena pembatasan lalu lintas barang di negara-negara tujuan ekspor.

Ketua Dewan Pimpinan cabang (DPC) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap, Sarjono mengatakan, akibat pembatasan ekspor, harga Tuna jatuh. Terkini harga Tuna hanya berada di kisaran Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya ikan tuna berharga dua kali lipat dari harga sekarang.

“Dua kilo banding sekilo harganya,” katanya.

Harga tersebut, kata Sarjono, adalah Tuna beku. Pasalnya, kini tak ada lagi yang menerima tuna dalam kondisi segar. Sebab, pabrik pengolahan tuna rata-rata berada di Jakarta, sehingga terdampak aturan penerapan sosial berskala besar (PSBB).

“Sekarang tidak ada lagi yang menerima Tuna segar. Karena tidak ada pegawainya,” ujarnya.

Sarjono mengemukakan, sebelumnya ikan Tuna diekspor ke negara-negara Asia hingga Eropa. Namun, lantaran negara membatasi jumlah lalu lintas barang, ekpor tersendat. Kondisi ini diperparah dengan aturan PSBB di sejumlah kota besar sehingga pegawai tak bisa beraktivitas.

Menurut dia, kondisi serupa juga terjadi pada komoditas jenis udang dan Lobster. Kini ekspor udang ke negara-negara di Eropa dan Amerika mandek total. Akibatnya, harga udang jatuh.

Menurut dia, kini udang lebih banyak dipasarkan di pasaran lokal. Akan tetapi, karena serapannya terbatas, harga harga berbagai jenis udang pun turun lebih dari 50 persen. Sebab, konsumsi udang Indonesia sangat terbatas.

“Kan konsumen tidak bisa makan udang setiap hari. Hanya sesekali saja makan udang,” ujarnya.

Kondisi ini diperparah dengan lesunya pasar kuliner. Restoran dan rumah makan yang biasa menyediakan menu olahan udang kini mengalami penurunan omzet. Akibatnya udang menumpuk dan dijual murah.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait