Pertamina Kembangkan Kampung Iklim di Mernek Maos Cilacap

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – PT Pertamina (Persero) mengembangkan Kampung Iklim “Mernek Jenek” di Desa Mernek, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Hal itu sebagai bagian dari pelaksanaan tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Yaitu melalui program pemberdayaan lingkungan dan masyarakat berkesinambungan.

“Ini sebenarnya adalah konsep yang terintegrasi yang telah kita susun bersama dengan Pak Kades (Kepala Desa Mernek Bustanul Arifin). Serta pemerintah daerah setempat yang kita sebut sebagai Kampung Iklim.” kata IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Iin Febrian usai meresmikan Kampung Iklim “Mernek Jenek” di Desa Mernek, Kecamatan Maos, Cilacap, Kamis (17).

Ia mengatakan bahwa esensi dari Kampung Iklim adalah membangun desa mandiri dalam empat pilar yang meliputi. Antaranya ekonomi, pertanian, peternakan, dan perikanan, keamanan dan kondusifitas. Serta mewujudkan desa lestari yang berwawasan lingkungan hidup.

“Kita telah menganggarkan dan kita berharap anggaran yang telah kita siapkan itu dapat efektif penggunaannya di lapangan. Oleh karenanya, ini adalah kolaborasi dengan pemerintah daerah sampai ke level desa.” katanya.

Anggaran sebesar 200 Juta

Saat ditanya mengenai anggaran program, dia mengatakan bahwa perusahaan menyiapkan anggaran berkelanjutan. Yakni untuk program itu dan pada tahap pertama memberikan dana sekitar Rp. 200 juta.

“Memang tantangan kita adalah menjaga konsistensi dan kesinambungannya. Sehingga efektivitasnya benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat.” katanya.

Mengenai program lingkungan hidup yang akan dilaksanakan melalui Kampung Iklim, Iin mengatakan. Salah satunya terkait dengan pengendalian sampah plastik, yang ternyata mendapat sambutan luar biasa dari warga Desa Mernek.

Ia mengatakan, perusahaan akan mendukung pengendalian sampah plastik dari hulu hingga pengolahan dan pemasaran produk daur ulang.

“Nanti Pertamina akan men- sebagai pembeli produk-produk olahan tersebut. Itu salah satunya.” kata dia menjelaskan.

Kepala Desa Mernek Bustanul Arifin mengatakan istilah “Mernek Jenek”. Yaitu mengandung maksud atau harapan agar warga Desa Mernek tetap betah di tempat tinggalnya. Serta tidak berpindah tempat ke kota lain untuk mencari pekerjaan.

Menurut dia, program tersebut bermula dari banyaknya warga Desa Mernek yang pindah ke kota-kota besar.

“Fokus dari program ini salah satunya menitikberatkan pada penciptaan lapangan pekerjaan, kemandirian. Serta berfokus pada lingkungan di wilayah desanya dan tentu saja dengan Empat Pilar ‘Mernek Jenek’.” katanya.

“Kebetulan kami punya warga yang bisa membikin benih sendiri dan membikin pupuk organik sendiri. Itu yang sudah maksimal dan nanti akan kita kembangkan.” ia menambahkan.

Pemerintah desa, ia menjelaskan bahwa. Ingin mengelola sendiri usaha produksi benih padi dan menamainya benih “Mernek Jenek” atau MJ. Dalam hal ini dengan dukungan Pertamina.

Di sektor perikanan, Desa Mernek punya kelompok pembudi daya ikan (pokdakan) gurami. Potensi perikanan itu selanjutnya akan dikembangkan.

Kerja Sama UMKM

Program kerja sama dengan Pertamina juga mencakup dukungan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Ada lima UMKM, yaitu onde-onde, keripik tempe, keripik singkong, keripik pisang, serta sale dan sagon. Itu yang kita kasih untuk meningkatkan produknya dan beberapa hal yang lebih luas dalam proses penjualan.” kata Bustanul.

Terkait dengan upaya pengurangan sampah plastik, Arifin mengatakan bahwa. Upaya itu baru berjalan lebih kurang selama satu bulan dengan menyediakan tong sampah organik dan anorganik.

Setelah dipilah dan dikumpulkan di bank sampah yang telah terbentuk, sampah organik akan dibuat kompos. Sedangkan sampah plastik dibuat produk kerajinan.

“Kita sudah dapat alat untuk membuat kompos, satu unit dari Pertamina kemarin. Sehingga belum bisa digunakan karena masih harus ikut pelatihan dulu. Kalau sampah plastik, kita sudah lakukan untuk ekobrik, membuat hiasan, dan sebagainya. Dalam hal ini, kami melibatkan warga di sembilan lingkungan RW.” jelas Bustanul.

Pejabat sementara Unit Pertamina MOR IV Arya Yusa Dwicandra mengatakan bahwa. Potensi-potensi yang dimiliki masyarakat Desa Mernek akan terus dimonitor dan didukung pengembangannya oleh Pertamina.

“Ke depan akan dilakukan kegiatan pelatihan-pelatihan guna meningkatkan kemampuan dari masyarakat untuk mengelola usaha yang dimiliki. Pada bidang perikanan dan peternakan misalnya, kami akan turut mendampingi. Sehingga hasilnya akan dapat sesuai yang diharapkan.” katanya.

Sumber : Antara

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait