Pemkab Cilacap terus mendorong sektor UMKM

cilacap info featured
cilacap info featured

“Apalagi generasi-generasi sekarang saya kira lebih piawai di bidang ketahanan menghadapi krisis dibandingkan generasi 1998. Industri perbankan di Indonesia saat sekarang sangat mendukung pertumbuhan UMKM dan startup wirausaha baru. Dan ini yang akan menjadikan Indonesia akan lebih tahan dibandingkan dengan negara lain yang bertumpu pada industri besar.” Kata dia yang juga Wakil Rektor III UMP.

Menurut dia, UMKM menjadi salah satu andalan dalam menghadapi krisis ekonomi dan paling tidak kebutuhan bisa tercukupi dengan berdikari lewat UMKM.

Oleh karena itu, kata dia, orientasi impor harus dikurangi serta memperkuat potensi UMKM dengan fasilitasi agar produk-produknya bisa diekspor.

“Ini memang akan berefek pada pertumbuhan ekonomi, nilai tukar, dan sebagainya. Jadi memang ini berat untuk siapa pun yang memimpin bangsa ini, tapi saya masih melihat satu optimisme dengan kabinet yang baru. Yaitu dengan tanpa bebannya Pak Presiden (Presiden Joko Widodo, red.) yang periode kedua ini akan lebih fokus. Saya kira tidak hanya pada infrastruktur tapi pertumbuhan ekonomi saya kira akan jauh diperhatikan.” Kata Ahmad yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kabupaten Banyumas.

Dengan orientasi pada pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan 7 persen, kata dia. Indonesia sebenarnya akan mampu melewati permasalahan meskipun perekonomian secara global sedang ada masalah.

Kendati dalam sejumlah pemberitaan masih ada yang meragukan kekuatan sektor UMKM dalam menghadapi ancaman resesi ekonomi tahun 2020. Optimisme dari para pelaku UMKM diyakini menjadi penyemangat dalam upaya menjaga kestabilan perekonomian negara.

Bahkan, sektor UMKM diyakini tetap sebagai andalan dalam menghadapi perekonomian global yang diprediksi akan makin sulit.

Akan tetapi hal itu tetap membutuhkan dukungan dari pemerintah, baik pusat maupun daerah. Agar sektor UMKM tetap menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional. CILACAP.INFO

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait