Kisah Pertamina dan Saudi Aramco Serta Entrepreneurship

cilacap info featured
cilacap info featured

Baca Disini : RAJA SALMAN BIN SAUD PLUS MINUS KUNJUNGAN BILATERAL KE INDONESIA.

Saudi Arabia dan China

Saudi Arabia dan China telah menjalin hubungan kerja sama bertahun-tahun lamanya.

Fakta-faktanya bisa dijumpai, di arab saudi para pengusahanya juga kerap menjalin kerja sama dengan pengusaha china.

Seperti perusahaan-perusahaan di arab saudi, tidak sedikit mereka para pengusaha arab yang bekerja sama dengan china. Bahkan saling tukar modal agar si pengusaha arab saudi bisa membuat perusahaan di China dan Pengusaha China bisa membuat perusahaan di arab saudi.

Tanah di arab saudi memang tak dijual ke asing, namun para pengusaha asing membangun perusahaan dengan tanah yang di tempati milik pengusaha arab (Kerja sama).

Bahkan jalan-jalan dan proyek di saudi arabia juga melibatkan China, tak ayal jika arab saudi lebih menganak emaskan negara china.

Maka pada artikel dari aktivis NU itu, hal itu ia tulis sebagai bentuk sindiran kepada arab saudi.

Diketahui, arab saudi pada saat raja salman datang sangat diperlakukan istimewa oleh Presiden Indonesia IR Joko Widodo. Namun keistimewaan itu tak sebanding dengan modal yang diberikan saudi kepada China.

Bahkan investasinya ke China 10 kali lipat dari Indonesia, yakni 65 miliar dollar AS yang dirupiahkan pada tahun 2017 itu sekitar Rp.887 triliun.

Bahkan Malaysia yang negaranya tak seluas indonesia mendapatkan modal yang lebih besar dari indonesia, yakni 7 miliar dollar as.

Sedangkan Indonesia hanya dimodali investasi sekitar $ 6 miliar dollar AS atau sekitar Rp.89 triliun pada tahun 2017 lalu.

Sepertinya arab saudi lebih menganak emaskan negara-negara maju seperti Malaysia dan China. Sedangkan indonesia yang negaranya besar dan penduduknya besar serta mayoritas muslim dan penyumbang haji terbesar hanya bisa gigit jari.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait