Khazanah: Keutamaan Bulan Ramadhan

cilacap info featured
cilacap info featured

Malaikat Jibril memiliki 100 sayap, dua sayap di antaranya tak pernah dibentangkan kecuali hanya pada malam Lailatulkadar. Jika kedua sayapnya dibentangkan, luasnya meliputi Timur dan Barat. Kemudian ia menyerukan kepada para malaikat agar memberi salam kepada orang-orang yang beribadah dan berzikir. Para melaikat menjabat tangan dan mengamini doa mereka sampai terbit fajar. Ketika fajar terbit, Jibril menyeru para malaikat, “Wahai para malaikat, berpencarlah!”

Para malaikat bertanya,”Wahai Jibril, apa yang akan Allah perbuat? Apakah sehubungan dengan hajat orang-orang mukmin dari umat Muhammad SAW?”

Jibril menjawab, “Allah memandang mereka pada malam itu, dan memaafkan mereka, kecuali empat golongan.”

Penerimaan Hadiah

“Siapakah mereka itu, ya Rasulullah?” tanya para sahabat.

Beliau menjawab, “Mereka adalah orang yang meminum arak, yang durhaka kepada orang tua, yang memutus tali silaturahmi, dan yang memusuhi sesama manusia.”

Tapi para sahabat belum puas, kemudian kembali bertanya, “Ya Rasulullah, siapakah yang memusuhi sesama manusia?” Jawab Rasul, “Mereka adalah orang yang membenci dan memutuskan silaturahmi.”

Setelah itu beliau menggambarkan kondisi malam Hari Raya Idulfitri. “Malam itu disebut malam Jai’zah (malam penerimaan hadiah). Ketika tiba hari raya esok harinya, Allah mengutus para malaikat ke setiap negeri di bumi. Mereka memenuhi jalan-jalan dan menyeru dengan suara yang terdengar oleh semua makhluk, kecuali jin dan manusia.”

Para malaikat berseru, “Wahai umat Muhammad! Keluarlah menuju Allah, yang Mahamulia, yang akan mengaruniakan hadiah dan menghapuskan dosa-dosa besar.” Dan apabila mereka datang ke musala, Allah SWT berfirman kepada para malaikat, “Apakah balasan bagi seorang pekerja apabila ia telah menyelesaikan pekerjaannya?” Jawab para malaikat, “Wahai Rabb kami, balasan mereka adalah upah mereka sepenuhnya.”

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait