30 Anak Penyu atau Tukik Dilepaskan ke Pantai Sodong Adipala Cilacap

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – 30 Anak Penyu atau Tukik Dilepaskan ke Pantai Sodong Adipala Cilacap, jenisnya yaitu lekang (Lepidochelys olivacea) hasil penangkaran.

Tukik yang dilepasliarkan itu pada awalnya hasil penangkaran seorang warga Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Cilacap.

Setelah itu melibatkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Adipala. Pemerintah Desa Karangbenda, sejumlah organisasi pecinta alam, dan masyarakat setempat serta didukung Pertamina Terminal Bahan Bakar Minyak Maos.

Saat ditemui wartawan, warga Desa Karangbenda yang menangkarkan penyu tersebut, Jumawan mengatakan. Penangkaran yang dilakukannya berawal dari keprihatinannya terhadap telur-telur penyu yang sering ditemukan di pesisir selatan Kabupaten Cilacap, khususnya Kecamatan Adipala dan Binangun.

Menurut dia, telur-telur penyu lekang tersebut dijual nelayan dengan harga Rp2.000-Rp5.000 per butir. Karena banyak yang meyakini telur penyu itu bisa meningkatkan stamina pria dewasa meskipun hal itu belum terbukti secara medis.

Padahal, kata dia, penyu merupakan salah satu satwa yang dilindungi oleh undang-undang karena keberadaannya hampir punah.

“Kebetulan pada tanggal 18 Mei 2019, ada saudara yang menemukan telur penyu sebanyak 50 butir di Pantai Sodong. Selanjutnya telur-telur penyu itu diberikan kepada saya.” kata dia yang juga Kepala Urusan Umum dan Perencanaan Desa Karangbenda.

Oleh karena prihatin, dia selanjutnya membuat tempat untuk menetaskan telur-telur penyu tersebut yang didesain secara alami.

49 hari 50 telur penyu hanya yang hidup 30 ekor

Dari 50 butir telur yang ditetaskan, hanya 33 butir yang menetas namun tiga di antaranya mati.

“Normalnya, lama penetasan telur penyu itu 45 hari, namun karena pengaruh cuaca dan suhu, telur-telur itu baru menetas setelah 49 hari. Setiap harinya, saya harus mengeluarkan anggaran Rp10.000-Rp15.000 untuk membeli pakan berupa kerang-kerangan untuk tukik-tukik itu.” katanya.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait