2 Titik Longsor di Cilacap bagian Barat Ditangani

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Petugas gabungan dari berbagai instansi menangani dua titik longsoran di jalur selatan Jawa Tengah yang masuk wilayah Cilacap. Yakni meliputi wilayah Cilacap bagian barat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan. “Dua titik longsoran tersebut berlokasi di Dusun Ciguling Harjo, Desa Padangjaya, Kecamatan Majenang. Dan Dusun Nusadadi, Desa Rejodadi, Kecamatan Cimanggu.” Katanya, Minggu (5/2020)

Ia juga mengatakan bahwa, akibat longsoran itu, sebabkan ruas jalan nasional tertutup. Maka jalur tersebut kemudian dilakukan sistem buka tutup di dua titik tersebut.

Hal ini merupakan yang ketiga kalinya, sejak musim hujan 2019-2020 di wilayah tersebut.

Menurut dia, kejadian tersebut disebabkan tingginya intensitas hujan di wilayah barat Kabupaten Cilacap.

Selain itu Penjarangan pohon pinus milik Perhutani, dan tata kelola perkebunan secara tumpang sari oleh warga di lahan milik Perhutani.

“Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Minggu siang, kembali mengakibatkan terjadinya material longsoran. Yaknk berupa lumpur yang menutupi ruas jalan nasional Banyumas-Yogyakarta-Bandung di dua titik sehingga berdampak pada kemacetan kendaraan yang melintas di sepanjang lokasi tersebut.” Ujarnya.

Petugas gabungan berasal dari BPBD, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cilacap, Pemadam Kebakaran, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Majenang maupun Cimanggu. Serta sukarelawan melaksanakan penanganan darurat dengan menyingkirkan material longsoran yang menutup ruas jalan nasional tersebut.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Perhutani untuk melaksanakan penanganan permanen. Guna mengantisipasi longsoran setiap turun hujan. Mengingat musim hujan masih berlangsung dengan puncaknya pada Februari 2020.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cilacap Heru Kurniawan mengatakan. Penanganan dua titik longsoran di ruas jalan nasional tersebut telah dilakukan.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait