Biaya Mahal Menuntut TKI Tetap Berangkat ke Dataran China Meski Virus Corona Membooming

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Biaya yang mahal menuntut para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk memilih tetap berangkat ke negara tujuan sebagaimana yang mereka inginkan.

Seperti negara tujuan di belahan China (Hong Kong, Taiwan, Macao) Bahkan Jepang dan Korea, meskipun virus corona tengah membooming di dataran china.

Hal itu disampaikan oleh salah seorang Pekerja Migran Indonesia asal Cilacap, Tri.

Tri menceritakan kepada redaksi CILACAP.INFO, meski badai pemberitaan mengenai virus corona tengah menerjang dataran China namun ia tetap akan berangkat.

Ia akan berangkat ke negara tujuan, yakni Maccao, pasalnya ia sudah membayar mahal ke pihak agency.

“Biaya yang sudah masuk ke pihak agency kemudian lamanya belajar berbahasa, hal inilah yang menuntut saya untuk segera terbang ke negara tujuan.” Ungkap dia.

Tri juga bercerita bahwa biaya yang ia keluarkan untuk bekerja ke luar negeri tidaklah sedikit.

Ia tidak menyebutkan berapa angka nominal yang ia keluarkan agar bisa dapat bekerja di Maccao. Namun ia hanya menyampaikan bahwa puluhan juta rupiah.

“Laki-laki itu beda sama wanita, wanita menjadi TKI ke luar negeri bisa gratis namun ya dipotong gaji. Kalau laki-laki bayar agar tidak dipotong gaji, namun ada juga sih laki-laki yang dipotong gajih.” Jelasnya.

Meski sedang hangat berita tentang virus corona dan juga negara tujuannya merupakan dataran china, ia tetap kekeuh ingin segera terbang ke negara tujuan.

“Mau gimana lagi, soalnya kan butuh. Maka saya ingin segera bekerja agar bisa kembalikan modal dan bisa memiliki tabungan untuk masa depan anak saya.” Paparnya.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait