Update Prakiraan Cuaca di Kabupaten Cilacap dan Gelombang Tinggi Pesisir Selatan 12 April 2020

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Update informasi mengenai Prakiraan Cuaca di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah pada hari ini, Minggu, 12 April 2020. Namun sebelum itu kami akan memberikan informasi seputar nuansa dan destinasi tempat-tempat yang indah di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Cilacap adalah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dan merupakan kabupaten yang terluas di jateng. di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan Kebumen. di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. di sebelah barat berbatasan dengan Kota Banjar dan Kecamatan Purwadadi, Lakbok, Rancah Ciamis Jawa Barat dan juga batasnya adalah Sungai Citanduy. di sebelah Utara berbatasan dengan Brebes, dan Kuningan Jawa Barat.

Cilacap memiliki bahasa yang khas yakni Jawa Banyumasan atau Ngapak, suatu wilayah yang juga disebut masih dalam Karesidenan Banyumas. Biasa dikenal Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen).

Selain itu, di Cilacap juga terdapat wilayah yang masyarakatnya berbahasa Sunda. Adapun di kabupaten ini juga dilintasi 2 sungai besar yaitu Sungai Citanduy yang bermuara di Laguna Segara Anakan dan juga Sungai Serayu.

Kabupaten ini memiliki Klub Sepak Bola bernama PSCS Cilacap dengan Stadion bernama Wijayakusuma dan berkapasitas tribun penonton yakni 25.000 lebih.

Wisata di Kabupaten Cilacap

Cilacap memiliki sejumlah potensi wisata yang mengagumkan, di kabupaten ini ada Kemit Forest Education di Kecamatan Sidareja dan Hutan Mangrove yang terletak di Kampung Laut. Serta Pulau Momongan di Nusawungu, ketiganya adalah wisata dengan Nuansa Hutan. Ada juga Hutan Payau dan Wisata Karang Banar.

Cilacap juga memiliki wisata air seperti Kubangkangkung di Kawunganten dan Danau Bojongrongga di Kedungreja.

Di Wilayah bagian Barat masih mengandalkan Curug sebagai Wisata Alam. Diantara Curug yang terkenal yakni Curug Cimandaway yang berada di Kecamatan Dayeuhluhur dan Merupakan Curug Tertinggi di Kabupaten ini. Selain itu ada Curug Bandung yang terletak di Kecamatan Wanareja, Curug Manik di Kecamatan Majenang. Ada juga Bukit Panorama Ketapang Indah dan Cidayeuh Canyon di Dayeuhluhur, serta Curug Geulis di Cipari.

Wisata Lautnya juga tak kalah bagusnya, meliputi Pantai Widarapayung di Binangun, Pantai Jetis di Nusawungu, Pantai Teluk Penyu. Pantai Permisan (Pantai Kopassus TNI) yang berada di dekat Pulau NUSAKAMBANGAN Pantai Sodong, Pantai Pesisir Kutawaru dan Pantai Pasir Putih Ranca Babakan Kampung Laut.

Ada juga Bendungan Manganti di perbatasan Cilacap Jawa Tengah dengan Ciamis, dan Kota Banjar Jawa Barat. Selain itu ada Taman Bunga Tali Asmoro, Pantai Cemara Sewu, Benteng Pendem, Gunung Selok, Srandil.

Dari kulinernya yang terkenal adalah Brekecek, Rempeyek Yutuk, Mendoan juga jadi primadona tidak hanya di Banyumas. Selain itu Dages, Gembus, Karedok, Pecel.

Cilacap Memiliki 24 Kecamatan yang di antaranya !

Adipala, Bantarsari, Binangun, Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, Cilacap Utara, Cimanggu, Cipari, Dayeuhluhur, Gandrungmangu, Jeruklegi, Kampung Laut, Karangpucung, Kawunganten, Kedungreja, Kesugihan, Kroya, Majenang, Maos, Nusawungu, Patimuan, Sampang, Sidareja, Wanareja

Bagi saudara yang ingin mengetahui Kondisi dan prakiraan cuaca terbaru hari ini, Minggu (12/04/2020), bisa melihatnya di sini.

Adapun informasi ini bersumber dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sehingga informasi ini akurat.

Prakiraan Cuaca Cilacap

– Pukul 04:00 WIB cuaca di Cilacap menunjukan bahwa Berawan Tebal dengan suhu udara mencapai 25°C dengan kelembapan 95 % dan Kecepatan Angin 10 km/jam Selatan.

– Pukul 07:00 WIB cuaca di Cilacap menunjukan bahwa Berawan dengan suhu udara mencapai 27°C dengan kelembapan 80 % dan Kecepatan Angin 10 km/jam Tenggara.

Pukul 10:00 WIB cuaca di Cilacap menunjukan bahwa Berawan dengan suhu udara mencapai 29°C dengan kelembapan 70 % dan Kecepatan Angin 20 km/jam Barat Daya.

Pukul 13:00 WIB cuaca di Cilacap menunjukan bahwa Berawan dengan suhu udara mencapai 32°C dengan kelembapan 65 % dan Kecepatan Angin 20 km/jam Barat Daya.

Pukul 16:00 WIB cuaca di Cilacap menunjukan bahwa Berawan dengan suhu udara mencapai 29°C dengan kelembapan 70 % dan Kecepatan Angin 20 km/jam Barat Daya.

Pukul 19:00 WIB cuaca di Cilacap menunjukan bahwa Hujan Sedang dengan suhu udara mencapai 27°C dengan kelembapan 75 % dan Kecepatan Angin 10 km/jam Barat Daya.

Pukul 22:00 WIB cuaca di Cilacap menunjukan bahwa Hujan Ringan dengan suhu udara mencapai 26°C dengan kelembapan 85 % dan Kecepatan Angin 10 km/jam Tenggara.

Kondisi Sinoptik

Perairan dan Samudera Hindia Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY umumnya berawan berpotensi hujan ringan. Angin umumnya bertiup dari arah Utara hingga Tenggara dengan kecepatan berkisar antara 2 – 10 knot. Tinggi gelombang air laut berkisar antara 1,5 – 3,0 meter.

Adapun dari prakiraan, di Jawa Barat yakni di Perairan Sukabumi – Cianjur Cuaca Berawan Tebal. Arah angin bertiup dari Timur – Tenggara – dengan kecepatan angin 2-8 knot, Gelombang tinggi (tinggi).

Garut, Pangandaran Berawan Tebal dengan arah bertiup dari Timur – Tenggara, kecepatan angin 2-8 knot, Gelombang tinggi Sedang.

Samudera Hindia Selatan Jawa Barat Cuaca Berawan Tebal dengan arah angin Timur – Tenggara, kecepatan angin 4-10 knot, Gelombang tinggi (Tinggi).

Di Jawa Tengah, Perairan Cilacap Cuaca Berawan Tebal dengan arah angin bertiup dari Utara – Tenggara, kecepatan angin 2-8 knot, Gelombang tinggi Sedang.

Kebumen – Purworejo Cuaca Berawan Tebal dengan arah angin bertiup dari Utara – Tenggara, kecepatan angin 2-8 knot, Gelombang tinggi Sedang.

Perairan DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) Cuaca Berawan Tebal dengan arah angin bertiup dari Utara – Tenggara. Kecepatan angin 2-8 knot, Gelombang tinggi Sedang.

Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah Cuaca Berawan Tebal dengan arah angin bertiup dari Timur – Tenggara. Kecepatan angin 4-10 knot, Gelombang tinggi (Tinggi).

Di Atas adalah informasi tentang prakiraan Cuaca di Cilacap dan Gelombang Tinggi diperairan selatan.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait