Mengapa Vtube Hilang Dari Google Play Store?

by

CILACAP.INFO – Mengapa Vtube hilang dari Google Play Store? hal ini ramai dibicarakan Netizen di media sosial (medsos), bahkan aplikasi milik PT Future View Tech tidak bisa ditemukan di aplikasi Play Store.

Demikian juga manakala melakukan pencarian dengan mengakses Play Store melalui browser, meski demikian aplikasi tersebut masih terindex di google.

Diketahui, bahwasanya Google menghapus url atau suatu url laman tidak secara langsung. Bisa saja dalam server Indonesia atau bahasa Indonesia (ID) telah dihapus, namun pada server Amerika Serikat atau United States (US) masih tersimpan cache nya.

oleh sebab itu kemungkinan cache nya belum hilang pada kode negara tertentu yang menyebabkan masih ada di penelusaran google.

Seperti pada laman ini https://play.google.com/store/apps/details?id=co.vtube.fvtech&hl=in&gl=US.

Aplikasi Vtube Dalam Cache Google US
Aplikasi Vtube Dalam Cache Google US

Itupun ketika dibuka, tidak terdapat menu install pada laman playstore melalui browser dan geo local lang US.

Dari pantauan Cilacap.info di Group Facebook Vtube, kami menemukan artikel dari Membernya, bahwa Vtube sengaja di private.

Tak hanya itu, katanya mereka sedang maintenance, mengurus dan menggunakan server indonesia sesuai arahan dari pemerintah dan menuju Aplikasi Vtube 3.0 dengan tambahan Ecommerce.

Sementara itu kita tahu, bahwa domain internet untuk support dan yang terhubung ke aplikasi Vtube telah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sesuai perintah dari Stagas Waspada Investasi (SWI).

Demikian juga ketika mengunjungi laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tertera nama perusahaan PT Future View Tech dengan status ilegal yang dipublikasi pada Juli 2020.

Ketua SWI, Tongam Lumban Tobing memberikan pernyataan bahwa pihaknya meminta agar Kominfo memblokir Domain Internet Vtube dan Aplikasi di Play Store.