Pelajar Cilacap Laras Widya Tri Utami Juarai IYSA Award 2020

oleh

CILACAP.INFO – Siswi SMA Negeri 1 Sampang, Laras Widya Tri Utami menjuarai ajang ilmuwan muda tingkat nasional dalam event Member of Indonesian Young Scientist Association (IYSA) Award 2020.

Atas keberhasilannya tersebut, Laras Widya Tri Utami berhak mengikuti event berikutnya bertaraf internasional di Malaysia, yakni World Invention Competition and Exhibition (WICE) tahun 2020.

Laras Widya Tri Utami menjadi juara 1 (satu) tingkat SLTA dengan karya ilmiah proyek Guci Penyimpan Beras Anti Kutu.

Guru Pembimbing Ilmiah SMA Negeri 1 Sampang, Agus Darwanto dikutip dari yesradiocilacap.id mengatakan. “Guci Penyimpan Beras Anti Kutu merupakan inovasi untuk mengingatkan kembali kerajinan dan kearifan lokal produk guci penyimpan beras yang kini dilupakan sebagian besar orang.” Jelas Agus, Senin (6/1/2020).

Di tangan Laras Widya Tri Utami, lanjut dia berhasil memadukan beberapa formula khusus seperti Zeolite, dan Arang Aktif yang dicampurkan ke dalam adonan tanah liat untuk membuat guci.

“Secara tampilan fisik guci buatan Laras tidak ada bedanya dengan guci pada umumnya. Namun ketika diuji coba dengan memasukkan beras dan 10 ekor kutu di setiap guci, maka kutu-kutu di dalam guci inovasi tersebut dalam waktu seminggu langsung keluar.

Sedangkan di dalam guci biasa kutu tetap bertahan Bahkan berkembang biak” ujar Agus.

Agus menerangkan formula dan kandungan zat yang dicampurkan membuat kutu tidak bertahan lama karena kadar air dan udara di dalam guci tidak memenuhi syarat untuk berkembang biak.