Gempa Bangkalan 6,3 M Terasa Hingga Cilacap Jawa Tengah

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Gempa yang berpusat di 69 kilometer timur laut Bangkalan dengan magnitudo 6,3 terasa hingga Cilacap Jawa Tengah, Bahkan dirasakan oleh sebagian masyarakat di Cilacap.

Adapun fenomena gempa bumi yang getarannya terasa hingga Cilacap tersebut terjadi sekira pukul 01.12 WIB, Kamis, 6 Februari 2020 dini hari tadi.

Menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa. Gempa yang terjadi di Bangkalan, Madura tersebut berada pada titik koordinat 6.43 Lintang Selatan dan 113.05 Bujur Timur. Berpusat di 39 kilometer timur laut Kabupaten Bangkalan dengan ke dalaman 636 kilometer.

Gempa tersebut berdasarkan pantauan CILACAP.INFO dari aplikasi BMKG dan Laman BMKG diketahui berkekuatan 6,3 magnitudo.

Informasi ini diketahui bermula dari keterangan warga di Cilacap yang mengaku merasakan adanya gempa pada sekira pukul 01 dini hari.

Berdasarkan pantauan dibeberapa laman resmi BMKG, gempa tersebut memang menunjukan getaran hingga ke Cilacap dengan skala II-III MMI.

Bahkan Gempa 6,3 M ini juga dirasakan di Kebumen Jawa Tengah (Jateng) dengan skala II-III, Pangandaran Jawa Barat (Jabar) II-III. Adapun kota lainnya yaitu Pacitan, Trenggalek, Yogyakarta, Kuta, Bali dengan II-III MMI.

Diketahui, Skala MMI ini merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Terutama apabila tidak adanya peralatan sesimometer di tempat kejadian.

Jika Gempa dalam skala II MMI, artinya getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang dan juga dapat dilihat dengan bergoyangnya benda-benda yang digantung.

Sedangkan jika Gempa dalam skala III MMI, artinya Getarannya ini begitu dirasakan nyata di dalam rumah. Getarannya juga terasa yang dengan seakan-akan ada truk berlalu atau melintas.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait