Babinsa Bulaksari Kawunganten BPP Pertanian Bantarsari Panen Ubinan Padi dan Kedelai

Panen Padi dan Kedelai di Kawunganten Cilacap
Panen Padi dan Kedelai di Kawunganten Cilacap

CILACAP.INFO – Babinsa Bulaksari, Koramil 09 Kawunganten, Kodim 0703 Cilacap, Serka Sodirin mendampingi petugas Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Bantarsari. Yakni untuk melaksanakan panen ubinan padi program IPDMIP dan kedelai program bantuan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pangan tahun 2020.

Panen tersebut bertempat di areal lahan milik Kelompok Tani (Poktan) Barokah Tani 1 dan Barokah Tani 2 Dusun Medeng, Desa Bulaksari, Kecamatan Bantarsari, Senin (21/9/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Koordinator BPP Pertanian Bantarsari Iswanto, SP beserta petugas Penyuluh Pertanian, Babinsa Bulaksari Serka Sodirin, Ketua Kelompok Tani Barokah Tani 1 Saean, Ketua Poktan Barokah Tani 2 Arjo dan anggota Poktan setempat.

Dalam kesempatan itu Babinsa Serka Sodirin menjelaskan, kegiatan ubinan dilaksanakan untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi atau palawija melalui titik sempel dengan cara diukur dengan ukuran 2,5 x 2,5 m² yang kemudian hasilnya diukur dan ditimbang.

“Hasil inilah dapat dijadikan dasar dalam penentuan berapa profitas yang dihasilkan dalam 1 hektar. Sehinga hal ini memudahkan petugas pertanian dalam menghitung target panen. Hal ini sekaligus memudahkan dalam pemantauan lahan pertanian untuk menyukseskan program ketahanan pangan.” Jelasnya.

Adapun keterlibatan Babinsa dengan petugas pertanian merupakan satu hal yang tak terpisahkan. yang mana memiliki kesamaan tujuan dalam mendukung program pemerintah terkait swasemabda pangan padi, jagung dan kedelai (Pajale).

“Bukan kali ini saja kita turun ke sawah, jauh sebelum musim tanam, kita sudah berbaur dengan petani untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi petani. Sampai akhirnya bisa mencapai masa panen dengan harapan mendapat profitas yang maksimal sehingga petani semakin sejahtera.” Tandasnya. (*)

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait