Breaking News Trend

Menuju Purbalingga Smart City

cilacap info featured
cilacap info featured

PURBALINGGA, CILACAP.INFO – Sebuah kota bisa disebut sebagai kota pintar atau smart city jika sudah mengintegrasikan teknologi dan komunikasi hingga level tertentu dalam proses tata kelola dan operasional sehari hari. Dimana keterlibatan manusia semakin sedikit dan sasaran dan berbagai kemudahan fasilitas publik dapat diakses oleh masyarakat. Jadi kata kunci smart city adalah efiseinsi, perbaikan pelayanan publik dan kesejahteraan.

Sebuah kota disebut smart city bukan semata mata kelengkapan teknologi komunikasi dan informasi yang dimilik, tetapi juga kebijakan kebijakan yang dikeluarakan pemerintah setempat adalah kebijakan yang cerdas dan solutif dari berbagai permasalahan yang ada serta future oriented.

Artinya smart city adalah kota yang bisa memberikan solusi bagi warganya. Misalnya pantauan titik macet atau banjir maka kebijakan yang diambil adalah membangun infrastruktur yang dapat mengatasi banjir atau macet dalam jangka panjang bukan sekadar rekayasa lalu lintas untuk menghindari macet atau banjir.

Smart city di Purbalingga (kota) bukan pula karena latah, karena agar kota disebut modern maka kota dilengkapi dengan berbagai teknologi informasi dan komunikasi tetapi pada hakekatnya smart city merupakan sebuah kebutuhan, karena dengan semakin meningkatnya kemajuan ilmu dan teknologi membuat masyarakat semakin mudah memperoleh informasi dari berbagai sumber dan dapat melihat suatu peristiwa saat itu juga (real time), tuntutan pemenuhan kebutuhan masyarakat yang cepat dan tepat,serta kemudahan dalam memperoleh pelayanan pemerintah (kota).

Beberapa kota besar di Indonesia yang sudah menerapkan konsep smart city antara lain Jakarta serta Suarabaya dengan aplikasi QLUE untuk menerima pengaduan masyarakat mengenai masalah sosial, macet, banjir, sampah, kriminalitas dan pelayanan publik, Bandung dengan aplikasi Hay U untuk perizinan, cictizent complaint dan Silakip untuk monitoring kinerja pemerintah kota, Makassar dengan aplikasi pantauan kemacetan dan pembayaran parkir online, Surabaya dengan aplikasi traffic light yang diatur dengan CCTV sehingga durasi lampu lalu lintas mengikuti kepadatan lalu lintas, Semarang aplikasi CCTV publik dan sistem perizinan tanpa datang ke kantor pemerintah, Yogyakarta dengan Smart Grid untuk memantau sistem kelistrikan kota dan beberapa kota yang lainnya.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait