1 Nelayan asal Kebumen Hilang di Pantai Jetis Nusawungu Cilacap

oleh

CILACAP.INFO – 1 (satu) nelayan dikabarkan hilang di Pantai Jetis yang masih dalam wilayah Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (11/07/2020). Adapun nelayan yang hilang itu bernama Yasikin (30), warga Desa Srati RT 03 RW 03, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Badan SAR Nasional (Basarnas) Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Cilacap yang mendapat kabar rersebut, kemudian segera menyiapkan personil guna menyelamatkan korban.

Kepala KPP Cilacap, I Nyoman Sidakarya Menerangkan terkait peristiwa yang mengakibatkan nelayan asal Kebumen Hilang di perairan Jetis Nusawungu.
Bahwa korban tenggelam pada Sabtu Malam Minggu sekira pukul 20.30 WIB. Diduga karena kapal yang digunakan untuk mencari ikan dihantam ombak tinggi.

Salah satu personil Sar Cilacap yang merupakan warga Nusawungu, Ambar kemudian melaporkan hal itu sekira pukul 22.00 WIB.

“Jadi, saat itu korban hendak menepi sedari melaut bersama satu rekannya. Namun nahas dialami korban, saat itu kapal yang mereka gunakan dihantam ombak tinggi. Satu korban berhasil selamat dengan berenang, namun satu lainnya hilang.” Kata I Nyoman Sidakarya.

Masih dari keterangannya, kejadian itu diperkirakan berada pada koordinat 07° 43′ 27.00″ S 109° 23′ 12.65″ E.

“Satu nelayan yang berhasil selamat adalah Pasimin Desa Kalipoh RT 07 RW 02 kecamatan Ayah kabupatem Kebumen. Sedangkan satu rekannya bernama Yasikin masih dalam pencarian.” Lanjut Nyoman.

I Nyoman Sidakarya menyampaikan, dalam pencarian tersebut, pihaknya menerjukan dua unit Rescue Car, Peralatan dan dilengkapi APD Covid-19.

Dihimpun dari Stasiun Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Tunggul Wulung, Cilacap, bahwa perairan selatan jawa beberapa pekan terkahir mengeluarkan warning. Yakni mengenai gelombang tinggi di Pesisir Selatan Jawa, termasuk di dalamnya Cilacap, Kebumen, Purworejo (Jateng), D.I.Y (Daerah Istimewa Yogyakarta), Garut, Cianjur, Sukabumi dan Pangandaran (Jabar).