Di Ponpes El Bayan Majenang, Imam Tobroni Sampaikan Bahwa Santri adalah Pelopor Kerukunan

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Santri memiliki peran strategis dalam menciptakan kerukunan umat beragama. Selain itu juga, santri memiliki peran yang besar dalam menyebarkan Islam yang rahmatan lil alamin.

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Cilacap di Pondok Pesantren El Bayan Majenang. Selasa (29).

Kepala Kantor Kementerian Agama ketika menjadi narasumber Peningkatan Kerukunan Umat Bagi Santri Dan Pelajar, ia mengatakan. “Saat ini santri memiliki peran yang strategis untuk menciptakan kerukunan di antara umat beragama. Santri juga punya peran besar dalam menyebarkan Islam yang rahmatan lil alamin.” Ucapnya dilansir dari laman Kemenag Cilacap

Pancasila Sudah Final

Imam Tobroni dalam kesempatan itu juga mengingatkan agar para santri dapat meniru semangat pengorbanan para kyai, alim ulama dan santri terdahulu ketika melawan penjajah untuk mengusirnya dari bumi pertiwi. “Kalo dulu kita melawan penjajah, maka hari ini kalian para santri melawan diri sendiri untuk mengejar prestasi. Serta mengembangkan kemampuan diri dan tentunya harus mampu menjaga serta merawat NKRI. Dimana Pancasila sebagai dasar negara yang sudah final.” Kata Imam kepada para santri PP El Bayan Majenang.

Menurut Imam Tobroni, salah bentuk nyata dalam merawat dan menjaga NKRI adalah bagaimana menjaga dan merawat kerukunan umat.

“Maka wajib hukumnya bagi santri untuk menjaga kerukunan umat beragama. Karena Problem umat saat ini adalah soal kerukunan bagaimana saat ini banyak yang mudah terpengaruh dengan medsos. Tentu kita berharap semua bisa selalu rukun baik dari kelompok dan agama manapun.” tegasnya.

Ia juga mengingatkan kepada santri untuk terus menimba ilmu dan jadilah santri yang baik dan kelak menjadi ulama yang selalu menebarkan ilmunya ke pelosok negeri. Karena itu, santri adalah manusia pilihan karenanya penting bagi santri untuk meningkatkan peran dalam mewujudkan Indonesia yang bermartabat dan berakhlaqul karimah.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait