Danlanal Cilacap bersama Prajuritnya Nonton Bareng Film Dokumenter A Brive Gentelmen Mengenang Pertempuran Laut Arafuru

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Pangkalan TNI AL Cilacap, Lantamal V Menggelar nonton bareng pemutaran film dokumenter A Brive Gentelmen dalam rangka peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2020 yang dilaksanakan Gedung Serbaguna (Mako) Lanal Cilacap Jalan Niaga No. 02 Cilacap semalam.

Hadir di acara nonton bareng bersama Komandan Pangkalan TNI AL Cilacap Kolonel Laut (P) Adi Lumaksana, S. Sos., Kasatker, Perwira Staf serta diikuti seluruh Prajurit dan PNS, Lanal Cilacap.

Acara di awali dengan pembacaan sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E.,M.M. dalam amanatnya yang di bacakan Danlanal sebelum pemutaran film mengatakan bahwa Pertempuran Laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 januari 1962 telah tercatat sebagai pertempuran laut paling heroik dalam sejarah indonesia.

Tiga kapal cepat ALRI jenis Motor Torpedo Boat ( MTB), yaitu RI Harimau, RI Matjan Tutul, dan RI Matjan Kumbang harus berjibaku melawan tiga kapal kombatan dan sebuah pesawat udara kerajaan Belanda.

Ketiga MTB yang tergabung dalam satuan tugas chusus-9 atau STC-9 ini, sebenarnya mengemban tugas infiltrasi mendaratkan pasukan Angkatan Darat di timur Kaimana sebagai langkah awal perjuangan Trikora.

Sesuai dengan rencana operasi, unsur-unsur STC-9 harus kembali ke Pangkalan manakala posisinya diketahui musuh, namun Armada Tempur Belanda terus mengejar dan menyerang tiga MTB ALRI ini.

Di tengah situasi genting dengan kekuatan yang tidak seimbang itu, Deputi-I Men-KSAL Komodor Yos Sudarso yang berada di RI Matjan Tutul sebagai senior officer present afloat mengambil alih Komando Kapal tersebut dengan melakukan manuver menyongsong gerak maju tiga Kapal Kombatan Belanda, sehingga serangan semua kapal musuh tertuju pada RI Matjan Tutul.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait