Cuaca Dingin Mulai Terasa di Cilacap

oleh

CILACAP.INFO – Sabtu 27 Juni 2020 sekira pukul 01.00 WIB, suhu dan udara terasa cukup dingin di Cilacap Jawa tengah (Jateng). Menilik statistik Cuaca di laman resmi BMKG bahwa Cuaca sabtu dinihari di Cilacap berada pada 24 derajat Celcius. Cuaca tersebut juga terpantau dengan kelembapan 90 % dan kecepatan angin 20 kilometer per jam.

Kondisi cuaca dingin menurut Teguh Wardoyo selaku Kepala Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, merupakan salah satu tanda bahwa telah memasuki kemarau. Namun demikian dia mengatakan bahwa Cilacap diperkirakan akan memasuki Kemarau di awal bulan Juli 2020.

Baca Juga :   BMKG: La Nina Pengaruhi Curah Hujan Naik 20 - 40 Persen, Waspada Bencana Alam

Teguh juga mengatakan, terkait tanda-tanda musim kemarau dari alam, yakni mulai terdengar suara-suara hewan seperti tonggeret. “Dari kepercayaan masyarakat atau kearifan lokal, bahwa terdengarnya suara tonggeret dipercaya bahwa kemarau telah tiba.” Katanya di Cilacap, Jum’at (26/6).

Sebelumnya dilaporkan oleh prakirawan cuaca Rendi Krisnawan seperti yang termuat di laman antaranews.com 6 Juni 2020, bahwa seharusnya Cilacap pada mei dan juni telah memasuki musim kemarau. Namun hujan masih berpotensi terjadi hingga desarian ke-2 pada juni, sedangkan pada desarian ketiga terpantau bahwa curan hujan di pegunungan jawa selatan tergolong rendah. Sehingga dia memperkirakan, awal musim kemarau di Cilacap akan terjadi pada akhir bulan juni atau awal bulan juli 2020.