Kemenag Cilacap: Toleransi Bentuk Islam Rahmatan Lil Alamin

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, melalui Seksi Pendidikan Agama Islam mengadakan kegiatan Wawasan Rahmatan lil ’Alamin. Kegiatan tersebut juga tentang Perspektif Multikultural, yakni bagi pelajar SMA/SMK Tahun 2019. Dengan acara atau kegiatan dilaksanakan di Fave Hotel Jalan Budi Utomo Cilacap. Senin (28).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 pelajar dari SMA/SMK se Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap Imam Tobroni.

Kasi Pendidikan Agama Islam, Nasrun Anwar Hidayat mengatakan bahwa. Kegiatan ini di selenggarakan guna memberikan pemahaman kepada pelajar tentang wawasan rahmatan lilalamin yang mendasar dan mendalam. Serta bukan kekerasan/radikal, akan tetapi saling memahami sebagai hamba Allah untuk semesta alam.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman islam yang kompleks dan Indonesia yang multikultur yang punya ciri dan karakteristik yang lain-lain. Serta punya adan yang berbeda-beda, jadi walaupun kita hidup di antara perbedaan suku, ras dan agama, namun yang pasti, kita harus menjunjung tinggi toleransi keagamaan dan wawasan nasional.” kata Nasrun seperti yang tertulis di laman kemenag jateng.

Nasrun juga menjelaskan arti dari Multikultural yaitu banyak atau beragamnya budaya yang ada di Indonesia. Salah satu ciri masyarakat kultural menurutnya adalah integrasi yang menimbulkan sifat paksaan, dimana RAS, SUKU dan AGAMA merupakan ciri kemajemukan masyarakat multikultural bagi bangsa Indonesia. Para pelajar dalam menghadapi keragaman agama di Indonesia harus dapat menciptakan kerukunan.

Kepala Kemenag Cilacap: Islam adalah Agama yang Cintai Damai

Sedangkan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Imam Tobroni mengatakan bahwasanya. Islam adalah agama yang cinta damai. Maka jangan sampai para generasi penerus bangsa ini mau disusupi paham/aliran yang menyesatkan serta narkoba yang akan menjerumuskan.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait