Kodim Cilacap Gelar Latposko I Tahun 2020

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Dalam rangka mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam di wilayahnya, Kodim 0703 Cilacap menggelar kegiatan Latihan Posko I TA. 2020. Selain untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam yang direncanakan satuan, Latihan Posko I uga untuk menguji berbagai protap satuan dalam penanggulangan bahaya erupsi melalui aturan pelibatan semua stake holder di wilayah apabila terjadi bencana, guna mencegah dan mengurangi kemungkinan terjadinya korban jiwa dan kerugian lainnya.

Hal demikian juga disampaikan Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., saat memberikan Taklimat Awal Latposko I di Ruang Data Makodim 0703 Cilacap. Danrem juga menjelaskan, Latihan ini juga dalam rangka melatih hubungan Komandan Staf untuk melaksanakan kesiapsiagaan dalam tanggap darurat bencana alam.

“Sebagai latihan taktis tanpa pasukan, Latihan Posko-I ini bertujuan melatih unsur komandan staf dalam melaksanakan teknik, prosedur dan tata kerja yang berlaku untuk merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan serta mengendalikan suatu operasi di satuan, baik dalam rangka Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” Jelasnya.

Kegiatan Latihan Posko-I yang dilaksanakan ini memiliki nilai strategis untuk meningkatkan kemampuan Komandan Staf Kodim 0703 Cilacap dalam Proses Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT) guna menghadapi tugas-tugas ke-wilayahan, terutama dalam memberikan bantuan kepada Pemda untuk mengatasi penanggulangan bencana alam yang terjadi di wilayahnya.

“Ini merupakan aplikasi pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Pemerintah Daerah dan Kodim 0703 Cilacap sesuai dengan UU RI No 24 Tahun 2007 pasal 5 dan 6 tentang penanggulangan bencana alam”, tambahnya.

Pemilihan materi latihan itu sendiri berkaitan dengan penanggulangan alam tsunami dikarenakan wilayah Kodim 0703 Cilacap merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan pantai selatan jawa dan laut hindia. Aplikatif pentahapan mulai dari kesiapsiagaan, peringatan dini dan proses mitigasi bencana, harus dapat menjawab tanggung jawab pemerintah sesuai dengan amanah konstitusi dan menjadi tanggung jawab kita bersama.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait