H. Sarif Abdillah : New Normal, Moralitas Baru, Perlu Tata Sikap bersama Hadapi Covid-19

Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Tengah Silaturrahmi ke Ponpes Cigaru Majenang
Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Tengah Silaturrahmi ke Ponpes Cigaru Majenang

Menurut Sarif, vaksinasi corona untuk pondok pesantren ini sangat mendesak dan harus menjadi salah satu prioritas untuk diberikan.

Karena di samping itu, menurutnya GeNose, alat deteksi dini bagi kaum sarungan itu penting sebab sejauh ini pondok pesantren di tengah pandemi ini aktif melakukan proses belajar mengajar dan rentan terpapar virus corona.

“Ada ribuan Pondok Pesantren di Jawa Tengah yang saat ini masih melakukan proses belajar mengajar, mereka kelompok masyarakat yang rentan terpapar Covid 19.” Katanya.

“Adanya deteksi dini (GeSone) bagi mereka, isolasi mandiri, asupan gizi yang cukup, sampai betul sehat kembali. Nah, yang ada gejala baru ke rumah sakit covid.” katanya.

Anggota Komisi B DPRD Jateng ini menambahkan, sejauh ini kontribusi Pesantren untuk negara ini sangat banyak.

“Pesantren juga telah terbukti nyata sebagai salah satu aset bangsa yang mempunyai peran sangat vital dalam upaya pembangunan mental spiritual generasi bangsa,” tambah Legislator PKB dapil Cilacap dan Banyumas ini.

Dia menambahkan, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Permenkes Nomor 84 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

“Sesuai pasal 3 Permenkes 84 tahun 2020, pelaksanaan vaksinasi vaksin virus corona akan dilakukan pemerintah pusat dengan melibatkan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota secara gratis dan tidak dipungut biaya,” jelasnya.

Pelaksanaan vaksinasi virus corona  berlangsung bertahap, diprioritaskan ke pejabat pejabat tinggi Negara, dari Presiden hingga pejabat tinggi lainnya seperti Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, aparat hukum

lalu ke kelompok masyarakat seperti Tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan, dan petugas pelayanan publik lainnya.

“Fraksi PKB mengusulkan agar Pondok Pesantren sebagai lembaga sipil juga menjadi salah satu prioritas, “Saya mengusulkan  pada Pemerintah Pusat hingga daerah agar lingkungan pondok pesantren yang di dalamnya ada pengasuh, masyaikh, asatidz, asatidzah, santriwan dan santriwati, agar mendapat skala prioritas utama untuk diberikan vaksin Covid-19,” tandasnya.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait