Keluarga Ayu Ting Ting Dibully, Kenapa Bisa Jadi Salah?

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Padahal keluarga Ayu Ting Ting yang mendapatkan Bullying dari Haters, namun dapat berbalik dan bisa jadi salah, bagaimana bisa demikian dan bahkan beberapa politisi ikut mengomentarinya?

Sebagai korban perundungan, korban atau Keluarganya dapat melaporkan tindakan itu kepada kepolisian agar pelaku dijerat sesuai hukum yang berlaku di Indonesia.

Namun dalam hal ini ada batasan yang tidak boleh dilakukan, seperti mengatakan cacian kepada keluarga pelaku dan mempublikasi foto keluarga pelaku bahkan anak kecil yang tidak ada sangkut pautnya.

Diketahui bahwa mempublikasi sebuah foto keluarga pelaku ke media sosial dan menjadi konsumsi publik dapat terjerat Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Dari sinilah mengapa beberapa politisi seperti dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Fauzan Fuadi siap mendampingi keluarga Pelaku apabila keluarga ATT bersikeras untuk tetap memproses keluarga pelaku.

Bahkan diketahui, orangtua dari pelantun Alamat Palsu dan Sambelado itu juga mengatakan akan menjadikan Orangtua Pelaku sebagai jaminan.

Menurut Edi Hasibuan yang merupakan Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) dan mantan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), tindakan orangtua sang biduan tersebut berlebihan.

Oleh sebab itu, pria yang akrab disapa Bang Edi ini meminta kepada kepolisian agar sebaiknya tidak merespon aduan daripada keluarga ATT, karena secara hukum tidak ada kaitannya orangtua pelaku dalam kasus tersebut.

Ia juga berharap agar permasalahan tersebut sebaiknya perkara tersebut diselesaikan secara kekeluargaan dan mengedepankan aspek restorative justice (keadilan restoratif), sehingga akan lebih bijak dan adil dalam pandangan masyarakat.

Komentar