Dialog Lintas Agama dan Tumpeng 9 Masuk Gereja

cilacap info featured
cilacap info featured

“Adanya gusdurian majenang ini, saya sudah sangat terbantu sekali, mereka melakukan itu karena rasa kemanusiaan.” Ujar Romo Boni.

Selanjutnya diskusi diberikan kepada Haji Murtado selaku Ketua Gusdurian Majenang. H. Murtado dalam kesempetan tersebut menyampaikan. Bahwa kedatangannya bersama para sahabat dari Gusdurian tentunya dengan niat yang baik.

“Kami dari gusdurian datang kesini dengan penuh warna, ada kami gusdurian, sahabat Banser, Ansor, dan Lesbumi. Kami mengucapkan selamat datang atas kedatangan Uskup ke Majenang. Semoga hal ini membawa misi yang baik yang bisa terjalin bersama dan tidak putus.” Ucap Haji Murtado.

Sembilan Nilai Utama Gusdur

Haji Murtado menjelaskan terkait Gusdurian yang membawa 9 nilai utama Gusdur. Yaitu : Ketauhidan, Kemanusiaan, Keadilan, Kesetaraan, Pembebasan, Kesederhanaan, Persaudaraan, Ksatriaan, dan terakhir Kearifan Lokal.

“Dari 9 Nilai utama gusdur di dalamnya terkait NKRI, Bhineka Tunggal Ika. Maka munculah gusdurian dan inilah praktiknya.” Jelas Haji Murtado.

Selanjutnya dari Ketua Perwakilan Anak Cabang (Pac) Ansor Majenang, Sutan Bazari mengatakan. Bahwa kehadirannya tersebut adalah suatu panggilan dalam jiwa.

“Kami merasa terpanggil untuk hadir, dan ini adalah panggilan dalam jiwa kami. Bahwasanya inilah bangsa indonesia yang merupakan satu kesatuan.” Katanya.

Sutan menilai, kebersamaan dan pebedaan akan memunculkan kedamaian dan tentunya hal tersebut yang harus dijaga karena begitu penting.

“Pada siang hari ini sebenarnya adalah ciri khas bangsa indonesia, dimana terjalin kedamaian dalam keragaman.” Imbuhnya.

Sebagai ketua Pac GP Ansor Majenang ia juga menyatakan sikap terkait fenomena pengkafiran. Yaitu atas ketidaksukaan kelompok tertentu dengan kerukunan yang terjalin antara umat beragama.

“Bagi kami, ranah pelabelan dan menghukumi orang dengan kata kafir itu kan manusia yang mengatakan. Sedang Tuhan yang berhak menentukan kafir atau tidaknya seseorang.” Ungkap Sutan.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait