Dialog Lintas Agama dan Tumpeng 9 Masuk Gereja

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Gereja Paroki Theresia Majenang kedatangan seorang Uskup bernama Christophorus Tri Harsono dari Banyumas. Selasa (1/2019).

Uskup tersebut sangat fasih berbahasa arab dan ia pernah mengenyam studibahasa dan budaya Arab. Yaitu di sebuah Institut Dar Comboni untuk Studi Arab, Kairo, Mesir.

Tri Harsono datang ke majenang karena ia ingin melakukan diskusi lintas agama. Disamping itu di Majenang terdapat Forum Gusdurian. Maka, gereja paroki theresia majenang turut mengundang Gusdurian.

Acara Dialog dilakukan Selasa siang sekira pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB.

Hadir dalam Kegiatan tersebut, Ketua Gusdurian Haji Murtadlo dan segenap santri gusdurian. Gus Sadiduddin Subhi, Gus Iha dari Lesbumi, Sahabat Ansor, Banser dan juga Ketua PMII Majenang. Dari Gereja Theresia ada Romo Boni dan Jama’at gereja setempat.

Tri Harsono, Uskup dari Banyumas yang mengawali diskusi. Ia menyatakan dekat Imam Masjid Istiqlal, Profesor Nazaruddin Umar dan ketua PBNU K.H. Said Aqil Siradj. Bahkan ia mengaku dengan kedua tokoh tersebut tidak hanya dekat namun juga berdiskusi.

Lebih lanjut, dia mengaku bahwa Gusdur adalah gurunya dan ia adalah murid dari Gusdur. Dan itu sejak dirinya masih menjadi mahasiswa.

Bahkan Ia menceritakan kisah kenangannya tentang Gusdur. Kala itu Gusdur berkunjung ke Vatikan dan dirinya masih menjalani studi di sana.

“Saat kunjungan gusdur ke Vatikan, kala itu saya sedang studi dan gusdur saat itu masih jadi presiden RI. Waktu itu saya mengawal beliau untuk bertemu orang-orang penting seperti Presiden dan Paus.” Kata Uskup Tri Harsono.

Perbincangan kemudian dilanjutkan ke Romo Boni selaku Pastur Gereja Theresia Paroki. Bahwa selama ini, ia merasa terbantu dengan teman-teman dari muslim, seperti Gusdurian.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait