Tak Hanya Balita, Ayam Juga Perlu di Vaksin

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Tidak hanya balita yang divaksin, ayam juga ternyata demikan, biasanya jenis ayam yang divaksin yakni jenis Petelur, Jantan dan juga Broiler.

Vaksinasi pada hewan ternak memang berpengaruh, yakni agar hewan peliharaan seperti ayam tidak rentan terkena penyakit. Adapun pada ayam-ayam jenis pejantan, petelur juga broiler biasanya dilakukan vaksinasi berkisar umur 3 sampai 5 hari dari penetasan.

Tak cukup sekali vaksin namun bisa 3 kali pemvaksinan untuk ayam jenis ini. Ada yang disuntik dengan memasukan cairan vaksin yang berwarna seperti susu pada bagian leher, namun juga ada yang hanya tetes mata.

Selain itu, juga akan ada vaksin di usia 7 dan 10 hari, yakni dengan cara meminumkan cairan vaksin yang telah dicampur dengan beberapa liter air.

Vaksin berupa minuman ini juga perlu diperhatikan takaran airnya, sehingga vaksin yang diberikan untuk ayam habis merata. Pasalnya jika takaran air yang telah dicampurkan vaksin terlalu banyak, maka akan terbuang dan bisa tidak menimbulkan efek apa-apa untuk ayam.

Jangka waktu pemvaksinan ayam ini harus relatif singkat. Pasalnya vaksin jika melebihi jam yang dianjurkan, maka bisa menjadi racun yang justru menyebabkan ayam menjadi stress Bahkan mati.

Cara Unik Suntikan Vaksin Ayam Ribuan dengan Cepat

Di beberapa perusahaan Poultry Shop seperti di Ciamis dan Tasikmalaya Jawa Barat (jabar), seorang tukang vaksin menyuntikan ribuan ayam dengan cepat.

Bahkan 5.000 ayam bisa dalam kurun waktu 2 jam, adapun biasanya mereka menyuntikan vaksin ke ayam dengan jumlah 2 orang. Satu orang bertugas memberikan vaksin tetes mata atau hidung dan satunya lagi menyuntikan cairan ke ayam-ayam yang masih kecil-kecil.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait